Selasa, 05 Juni 2012

SAATNYA MEMBUKA NURANI

Sumber foto: SoloPos online
Peristiwa Sukhoi meninggalkan duka dan kecewa yang dalam di hati Saya. Saya haturkan bela sungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga yang mendapatkan musibah. Manusia memang hanya bisa berencana dan memiliki harapan, namun percayalah, Allah lebih tahu apa yang terbaik untuk kita dan orang-orang yang kita cintai. Semoga arwah diterima di sisi Allah, disurga-Nya dalam kebahagiaan yang abadi. 

Mengupas balik kejadian Sukhoi, Saya acungkan jempol dan salut atas team SAR pencarian korban. Saya terharu atas kegigihan para pahlawan tanpa tanda jasa ini untuk berjuang mendapatkan jenazah-jenazah yang sudah tidak utuh lagi, untuk dibawa kembali ke keluarga masing-masing. Manusia begitu berharga, walaupun mereka sudah meninggal -- ya  memang sudah demikian seharusnya.

Tapi ada yang masih mengganjal, jauh dilubuk hati, saya masih menangis dalam kebekuan, mengingat begitu banyaknya saudara-saudara  kita yang lain - sedang diambang kematian, yaitu  kematian kehidupan karena kemiskinan dan kurang gizi.  (mati nafkah) dan saling menunggu waktu sang kematian menjemputnya. 

Apakah kita baru bisa menghargai nyawa seseorang ketika mereka telah meninggal saja?
 
"Sudah saatnya kita membuka NURANI"

Praktik trafficking untuk perbudakan sex dan penjualan organ tubuh, perbudakan TKI yang terselubung dengan dalil gaji ditahan, mereka dianiaya, dipaksa kerja tanpa gaji. Mereka diperlakukan secara tidak manusiawi. Tapi siapakah yang peduli dengan hidup mereka? Apakah kita menunggu mereka mati karena takdir?

Dan begitu banyak kaum miskin yang akhirnya meninggal di pintu rumah sakit karena ditolak - tidak memenuhi persyaratan administrasi - karena tidak mampu memberikan down payment biaya Rumah Sakit !

Masya Allah.... 

Apakah mereka akan berharga untuk dicari dan dibela  setelah mereka hanya tinggal nama saja? Apakah kita baru perduli dengan mereka setelah mereka menjadi headline media?

Alangkah ironisnya NURANI manusia. Ketika semua bekerja dan bergerak untuk kemanusiaan hanya ketika ada UANG dan POPULARITAS?  Dan nurani telah menjadi mati ketika tidak ada UANG. Manusia telah tumbuh menjadi robot karena diperbudak oleh uang, jabatan dan penghargaan.

SAFE HUMANITY before Its TOO LATE. ! 

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.