Kamis, 31 Mei 2012

Nyepi: Ritual Menghemat Energi, Pelajaran Untuk Semua

http://www.pelitaonline.com/read/politik/nasional/16/14491/nyepi-ritual-menghemat-energi-pelajaran-untuk-semua/

Jumat, 23 Maret 2012

Noura mengusulkan Hari Meditasi Spiritual. Menyarankan kembali ke kehidupan natural
Jakarta, PelitaOnline -- MEMPERINGATI hari Raya Nyepi tahun baru Saka 1934 yang dilakukan umat Hindu, dinilai sebagai dukungan konkrit terhadap penghematan energi di tengah isu naiknya BBM yang makin marak akhir-akhir ini.

"100 persen sangat positif dan kegiatan ini bisa menjadi inspirasi spiritual bagi pemeluk agama lain untuk mendukung gerakan save the planet, save energi and save our soul," ujar angggota Komisi VIII DPR RI yang membidangi masalah keagamaan, Noura Dian Hartarony, Jumat (23/3).

Menurut Noura, mengingat tujuan utama Hari Raya Nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa untuk menyucikan Buwana Alit (alam manusia/microcosmos) dan Buwana Agung (macrocosmos/alam semesta). Sehingga kegiatan Nyepi sangat dibutuhkan untuk umat manusia di masa kini untuk meluluhkam energi negatif semesta.

"Hikmah Nyepi kita hayati seperti saat Adam dan Hawa diturunkan ke bumi untuk pertama kali. Saat bumi masih'suwung gung lewang lewung'atau kosong melompong," terangnya.

Dia menjelaskan, pada hari Nyepi umat Hindu melaksanakan "Catur Brata". Penyepian yang terdiri dari amati geni (tiada berapi-api/tidak menggunakan dan atau menghidupkan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan). Serta bagi yang mampu juga melaksanakan taps, brata, yoga dan semadhi.

"Nilai positif lain bahwa selama 24 jam nyepi, Bali juga telah menghemat listrik sebanyak 290 megawatt, senilai Rp4 milyar," jelasnya.

Sehingga Noura membayangkan jika saja tiap satu bulan sekali setiap propinsi dari 33 propinsi di Indonesia ada kebijakan melaksana Hari Meditasi Spiritual, yaitu hari tanpa listrik dan polusi yang dilaksanakan sesuai dengan agama dan keyakinannya masing-masing, maka listrik yang bisa dihemat dalam satu tahun akan sangat besar.

"Saat ini manusia telah banyak merusak dan mengotori bumi. Manusia tumbuh menjadi budak teknologi dan  modernisasi. So, save the planet, save energy! Let's back to nature for a while and clean the universe," pungkas Noura.



Almak/GW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.